Optimalisasi Lingkungan Sekitar Sekolah Sebagai Alternatif Laboratorium IPA

Abstract

Abstrak Ilmu Pengetahuan Alam tidak hanya membahas tentang materi akan tetapi juga  tentang praktik atau pengalaman secara langsung. Peserta didik seharusnya diajak melaksanakan praktik secara riil, konkrit, sesuai dengan teori yang sedang dipelajari (Dalam konteks IPA SD yaitu tentang keadaan lingkungan sekitar, atau yang ada di kehidupan sehari-hari). Permasalahan yang ada di lapangan, pada kenyataanya, sebagian guru  hanya mengajarkan teori yang ada di buku dan hanya menerapkan pembalajaran di dalam ruang kelas. Hal tersebut dipicu karena tidak adanya fasilitas laboratorium yang memadai di sekolah, serta minimnya motivasi untuk membuat inovasi pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan phenomenology. Berdasarkan hasil penelitian, sebenarnya solusi dari permasalahan ini sangat dekat dengan bapak/ibu guru, yaitu  lingkungan sekitar sekolah dengan berbagai objek dan fenomenanya. Adanya lingkungan sekolah ini baik halaman, kebun dan  lapangan sekolah ini dapat menjadi wahana yang sangat tepat sebagai alternatif laboratorium pembelajaran, atau dengan istilah lain yaitu sebagai laboratorium berbasis lingkungan.