MENGHADIRKAN ETIKA KOMUNIKASI DIMEDIA SOSIAL (FACEBOOK)

Abstract

Manusia sebagai makhluk sosial tidak akan pernah bisa lepas dari aktivitas komunikasi penyampai pesan kepada manusia lainnya yaitu antara komunikator dan komunikan. Pengiriman pesan dari komunikator ke komunikan dapat menciptakan feed back yang positif jika etika didalam berkomunikasi menjadi acuan didalam menentukan cara atau pemilihan pesan komunikasi. Di era new media, dimana manusia bisa berkomunikasi tanpa batasan jarak, tempat dan waktu menjadi model komunikasi yang efektif dan efsien dengan memanfaatkan internet sebagai wadah untuk berkomunikasi dimedia sosial secara online. Media sosial seperti facebook merupakan bagiam dari media massa yang bersipat publistik dengan bebas dapat menyampaikan pesanpesan komunikasi tanpa batasan apapun, sehingga berpotensi pada pesan-pesan yang tidak edukatif, informatit dan menghibur. Didalam menggunakan media sosial menghadirkan etika komunikasi pada khlayak komunikan yang sangat heterogen baik dari segi umur, agama, budaya dan kelas-kelas sosial menjadikan etika didalam berkomunikasi menjadi hal yang sangat penting untuk mengantisipas dampak negatif dari penggunaan media sosial facebook.