MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA MATERI PELUANG MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS XII
Abstract
Mata pelajaran Matematika merupakan mata pelajaran yang ilmunya universal yang mendasari perkembangan teknologi modern, mempunyai peran penting dalam berbagai disiplin ilmu dan mengembangkan daya pikir manusia. Untuk menguasai dan menciptakan teknologi di masa depan diperlukan penguasaan matematika yang kuat sejak dini. Seperti mata pelajaran yang penulis ajarkan di Madrasah Aliyah Negeri I Kampar. Namun pada kenyataannya pada mata pelajaran Matematika, motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Matematika sangat rendah. Dari masalah tersebut penulis menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT). Numbered Head Together (NHT) yaitu seluruh rangkaian penyajian materi ajar yang meliputi segala aspek sebelum, sedang dan sesudah pembelajaran yang dilakukan guru serta segala fasilitas yang terkait yang digunakan secara langsung atau tidak langsung dalam proses belajar mengajar. Dari pada itu dapat dirumuskan masalahnya bagaimana penerapan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan motivasi peserta didik kelas XII MIA 3 di Madrasah Aliyah Negeri I Kampar materi peluang Tahun pelajaran 2018 / 2019, serta bagaimana Hasil belajar peserta didik XII MIA 3 di Madrasah Aliyah Negeri I Kampar pada materi peluang melalui model pembelajaran Numbered Head Together (NHT. Penerapan model pembelajaran tipe NHT dapat meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap materi pelajaran yang disampaikan sehingga hasil belajar peserta didik meningkat, pada siklus I pertemuan I yang tuntas 4 orang (12,5%) meningkat pada pertemuan II menjadi 19 orang (59,4%) pada siklus II pertemuan I juga mengalami pengkatan siswa yang tuntas 29 orang (90,6%), selanjutnya pada siklus II pertemuan 2 siswa XI MIA 3 tuntas secara keseluruhan.