PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA POKOK BAHASAN INTI ATOM MELALUI STRATEGI SIKLUS ACE

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini sangat cepat. Perkembangan teknologi, terutama teknologi informasi, sangat terbantu oleh keberadaan ilmu Fisika. Arti pentingnya pemahaman mengenai Fisika ini telah disadari oleh pemerintah dari zaman dahulu kala sehingga pengenalan terhadap Fisika ini telah dilakukan pada peserta didik mulai dari sekolah dasar melalui pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Namun sayangnya pelajaran Fisika untuk sebagian besar peserta didik merupakan pelajaran yang kurang disenangi karena peserta didik sulit untuk membayangkan tujuan sebenarnya serta kejadian nyata dari pembelajaran Fisika. Walaupun faktanya, aplikasi pelajaran Fisika sangat dekat sekali dengan kehidupan sehari-hari. Olehkarena itu sangatlah penting bagi guru Fisika untuk dapat menemukan sebuah strategi pembelajaran yang tepat seperti penggunaan game bernama Team  Games  Tournament (TGT) melalui sebuah strategi pembelajaran yakni Strategi Siklus Ace. Adapun masalah dalam penelitian ini difokuskan kepada “Seberapa Efektifkah Penggunaan Team  Games  Tournament (TGT) melalui Strategi Siklus Ace Pada Pembelajaran Fisika Dapat Meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas XII MIPA SMA N 2 Bangkinang Kota pada pokok bahasan Atom dan radiaktivitas Tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian mulai dilaksanakan pada semester genap bulan Januari hingga Maret 2018 di SMAN 2 Bangkinanng Kota. Setelah mendapatan perbaikan dalam dua kali siklus maka dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunakan Team  Games  Tournament (TGT)  melalui strategi  siklus ace terbukti dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik. Hal ini terbukti dari hasil post test 1 dan 2 dan lembar pengamatan pada siklus I dan 2