UPAYA MENINGKATKAN PROSES PEMBELAJARAN GURU MELALUI LESSON STUDY DI SD NEGERI 004 CANDIREJO UPT DINAS PENDIDIKAN KECAMATAN PASIR PENYU KABUPATEN INDRAGIRI HULU TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Abstract
Permasalahan klasik dalam proses pembelajaran yang dilakukan guru adalah guru masih menjadi pusat perhatian; guru tidak memakai media pembelajaran; guru tidak melakukan inovasi dalam pembelajaran. Permasalahan klasik tersebut harus segera dibenahi agar proses pembelajaran menjadi lebih menarik. Salah satu cara membenahi permasalahan tersebut adalah guru mengikuti kegiatan lesson study. Dalam penelitian ini peneliti ingin mengetahui seberapa efektif lesson study mampu meningkatkan kompetensi guru dalam proses pembelajaran di SD Negeri 004 Candirejo. Penelitian tindakan sekolah ini mengambil setting di SD Negeri 004 Candirejo, dengan jumlah subjek penelitian 10 guru. Pelaksanaan kegiatan dilaksanakan melalui 2 siklus. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif yaitu digunakan terhadap data kualitatif yang diperoleh dari pengamatan guru selama berlangsungnya pembelajaran dan selama mengikuti lesson study. Peningkatan kemampuan guru tersebut dapat dibuktikan dari hasil penilaian pra pembelajaran pra siklus menunjukkan rata-rata 68,82 dan pada siklus I meningkat sebesar 11,96% dengan nilai rata-rata 80,78, kemudian pada siklus II meningkat lagi sebesar 10,38% menjadi 91,17 dengan kategori sangat baik. Peningkatan kemampuan guru dalam prapembelajaran/perencanaan pembelajaran tersebut sekaligus diikuti dengan peningkatan kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran pada siklus I mencapai nilai sebesar 71,35 dan pada siklus II mencapai nilai rata-rata sebesar 83,70, maka terjadi peningkatan sebesar 12,35%.