PENGGUNAAN MEDIA AUDIOVISUAL UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS BELAJAR TENTANG PECAHAN SEDERHANA DALAM PEMLAJARAN MATEMATIKA TEMA 5 CUACA PADA SISWA KELAS III A SD NEGERI 1 BENGKALIS TP 2018/2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika siswa pada materi Pecahan sederhana di Kelas III A SDN 1 Bengkalis dengan menggunakan media audiovisual. Hal tersebut didasari oleh kurangnya aktivitas siswa selama pembelajaran berlangsung yang berimbas kepada hasil belajar siswa yang kurang pula. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan selama II siklus, tiap siklus terdiri dari dua pertemuan dengan tahap masing-masing siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan guru dalam mengajar pada siklus I memperoleh skor 39 yang masuk dalam kategori baik (B), pada siklus II memperoleh skor 48 yang termasuk dalam kategori sangat baik (SB), dan terjadi peningkatan lagi pada siklus II dengan mendapatkan skor 47 yang masuk dalam kategori sangat baik (SB). Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh skor 16 yang masuk dalam kategori baik (B), kemudian meningkat pada siklus I pertemuan 2 memperoleh skor 20 yang termasuk dalam kategori baik (B), dan terjadi peningkatan lagi pada siklus II dengan mendapatkan skor 24 yang masuk dalam kategori sangat baik (SB). Sedangkan untuk hasil belajar siswa, siklus I pertemuan 1, diperoleh persentase ketuntasan 66%, pada siklus I pertemuan 2 diperoleh 69 %, dan pada siklus II diperoleh 97%.