PENINGKATAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN MATERI LOMPAT JAUH MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 05 BENGKALIS

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam melakukan lompat jauh bisa melalui penerapan model pembelajaran permainan di kelas VI SD Negeri 05 Bengkalis.Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas(Classroom Action Research) dengan penerapan model pembelajaran permainan dalam meningkatkan aktivitas guru dan aktivitas peserta didik serta hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK). dasarkan hasil penelitian dan pembahasan, disimpul kan bahwa penerapan pembelajaran pendekatan permainan dapat meningkatkan kemampuan melakukan lompat jauh kelas VI SD Negeri 05 Bengkalis. Hal ini dapat dilihat pada siklus I dengan rata-rata 66,72 menjadi 77,45 pada siklus II. Sedangkan ketuntasan hasil belajar di siklus I secara klasikal memperoleh 68,18% meningkat menjadi 86,36% di siklus II. Selain itu penggunaan model pembelajaran permainan dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik dan aktivitas mengajar guru.