PENINGKATAN PROSES DAN HASIL BELAJAR MUATAN IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) SISWA KELAS 4 SD

Abstract

Berdasarkan kegiatan observasi di kelas 4, hasil belajar IPA masih rendah. Sebagian besar belum tercapai hasil yang maksimal. Hal tersebut disebabkan karena faktor kurang aktifnya siswa dalam pembelajaran. oleh sebab itu, dilakukan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan langkah-langkah penerapan model pembelajaran Numbered Heads Togethers (NHT) dan mengetahui peningkatan proses serta hasil belajar IPA kelas 4. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan teknik non tes (observasi). Tehnik analisis menggunakan tehnik deskriptif komparatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Numbered Heads Togethers (NHT) mampu meningkatkan proses dan hasil belajar. Peningkatan proses belajar siswa dari pra siklus 54% meningkat pada siklus I mencapai 63% dan pada siklus II meningkat menjadi 81%. Proses belajar pada pra siklus 0% kemudian pada siklus I mencapai 9% dan pada siklus II mencapai 18%. Sedangkan hasil analisis data, hasil belajar menunjukkan bahwa pada pra siklus tingkat ketuntasan siswa sebesar 59%, untuk siklus I tingkat ketuntasan siswa sebesar 63% dan siklus II tingkat ketuntasan siswa sebesar 71%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model Numbered Heads Togethers (NHT) dapat meningkatkan proses dan hasil belajar IPA kelas 4.