UPAYA MENCIPTAKAN PEMBELAJARAN MENYENANGKAN MELALUI OPTIMALISASI JEDA STRATEGIS DENGAN VIDEO MOTIVASI DAN HUMOR DALAM BELAJAR PPKN DI KELAS XI MM SMK N 1 BANGKINANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Abstract

Rendahnya motivasi belajar, cepat bosan, sering jenuh saat mengikuti pelajaran, meningkatnya jumlah siswa keluar kelas, tingginya persentase siswa yang malas dan acuh tak acuh merupakan persoalan yang sering muncul dalam pembelajaran PPKn di SMK N 1 Bangkinang. Hal ini selain disebabkan karakteristik pelajaran PPKn yang pada umumnya bersifat teori dan hafalan, juga akibat strategi mengajar yang diterapkan guru cenderung monoton, kurang menyenangkan dan membosankan bagi siswa, sehingga pembelajaran menjadi tidak efektif dan berdampak rendahnya capaian hasil belajar. Penelitian tindakan kelas yang menerapkan strategi pembelajaran menyenangkan melalui optimalisasi jeda strategis menggunakan video motivasi ini merupakan upaya untuk mengatasi sebagian masalah tersebut. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa penayangan video motivasi dan humor dapat memancing siswa untuk ketawa secara bersama-sama di dalam kelas. Dari hasil analisis observasi reaksi siswa saat jeda strategis, 83.96% siswa ketawa. Analisis angket mengungkapkan 86,35% siswa dapat tertawa dan menyatakan pembelajaran dengan penayangan video motivasi dan humor dalam jeda strategis sangat menyenangkan. Hasil belajar siswa menunjukkan angka rata-rata 71,8991 yang relatif lebih tinggi daripada capaian hasil belajar sebelumnya.