MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) MATERI KEMAGNETAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG (DIRECT INSTRUCTION) PADA SISWA KELAS IX.5 SMP NEGERI 1 LIRIK
Abstract
Penelitian yang berjudul Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Melalui Model Pembelajaran Langsung (Direct Instrauction) Pada Siswa IX.5 SMP N 1 Lirik dilatar belakangi oleh rendahnya prestasi belajar siswa (nilai) IPA baik dalam ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan semester maupun Ujian Akhir Sekolah, yaitu dibawah nilai Kriteria Ketuntasan Minimal yaitu (70). Rendahnya prestasi siswa dimungkinkan salah satu adalah penggunaan metode pembelajaran yang digunakan oleh guru masih berpusat pada guru, sehingga aktifitas siswa tidak optimal. Dengan menggunakan model Pembelajaran. Langsung ini diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa dalam pembelajaran IPA. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil dari data kuantitatif maupun data kualitatif dari siklus I ke siklus II. Hasil temuan kuantitatif terhadap prestasi belajar siswa meningkat dari rata-rata nilai 73 menjadi 84 atau mengalami peningkatan 66.24%. Sedangkan hasil temuan kualitatif menunjukkan adanya peningkatan dalam hal perhatian, keberanian, kesungguhan, kemampuan dalam pembelajaran Kemagnetan.