MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SEMESTER GANJIL DI SD NEGERI 97 PEKANBARUTAHUN AJARAN 2015/2016

Abstract

Abstrak Strategi yang paling cocok berdasarkan pengamatan yang disusun dalam penelitian ini dapat digunakan oleh guru untuk mengakomodasi seluruh keunikan karakteristik siswa adalah dengan menggunakan model group investigation. Adanya pembelajaran yang menggunakan model ini, diharapkan perhatian dan respon siswa akan terus dipelihara karena mereka diarahkan untuk memecahkan persoalan sosial yang terjadi di sekitarnya secara berkelompok pada siswa. Jenis Penelitian ini merupakan penelitian tindakan (action research), karena penelitian dilakukan untuk memecahkan masalah pembelajaran di kelas. Penelitian ini juga termasuk penelitian deskriptif, sebab menggambarkan bagaimana suatu teknik pembelajaran diterapkan dan bagaimana hasil yang diinginkan dapat dicapai. Lokasi penelitian adalah di SD Negeri 97 Pekanbaru kelas V Semester Ganjil. Pengambilan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi dan tes Ulangan Harian. Hasil penelitian adalah, pada siklus I nilai rata-rata siswa mencapai 69,25 dengan tingkat ketuntasan 45%. Pada siklus II nilai rata-rata siswa mencapai 76,25 dengan tingkat ketuntasan 60%. Pada siklus III nilai rata-rata siswa mencapai 88,25 dengan tingkat ketuntasan 100%. Seluruh kriteria sudah terpenuhi, yaitu KKM 80 dan ketuntasan klasikal 85% sudah tercapai.