PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DAPAT MENINGKATKAN MINAT DAN KETERAMPILAN READING COMPREHENSION PESERTA DIDIK KELAS IXA DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 3 KAMPAR TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilatar belakangi oleh banyak siswa kelas IX khususnya IX A tidak berminat dalam mempelajari Bahasa Inggris pada keterampilan reading. Keterampilan reading dalam Bahasa Inggris ada 2 yaitu: reading aloud dan reading comprehension. Dari dua macam reading tersebut, reading comprehension merupakan bagian yang membosankan bagi peserta didik. Berdasarkan hal tersebut diatas, peneliti mencoba menerapkan model pembelajaran Group Investigation untuk dapat meningkatkan minat dan keterampilan Reading Comprehension peserta didik kelas IX A di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Kampar tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus dan masing-masing siklus memiliki 2 pertemuan. Teknik analisis data menggunakan tehnik analisis deskriptif. Hasil penilitian menunjukan bahwa dengan model pembelajaran group investigation hasil keterampilan reading comprehension peserta didik meningkat. Ini terlihat dari hasil akhir pertemuan siklus 1 sebanyak 36,4% yang tuntas secara klasikal dan pada akhir pertemuan siklus 2 menjadi 77,3%. Dan minat peserta didik pada akhir pertemuan siklus 1 hanya 17,4% meningkat menjadi 57,6% pada akhir pertemuan siklus 2.