MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MAKE-A MATCH SISWA KELAS VI SEMESTER GANJIL SDN 002 PULAU RAMBAI TAHUN 2018

Abstract

Siswa kelas VI Sekolah Dasar Negeri 002 Pulau Rambai, memiliki aktivitas belajar dan prestasi belajar yang rendah. Untuk mengatasi permasalahan ini, perlu diterapkan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Make-A Match yang banyak melibatkan siswa sehingga dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar. Data penelitian ini didapat melalui lembar observasi aktivitas siswa dan prestasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran melalui model Make-A Match: (1) meningkatkan aktivitas belajar siswa dari siklus ke siklus yaitu persentase siswa aktif pada siklus I sebesar 26% pada siklus ke II meningkat menjadi 92%,(2) meningkatkan prestasi belajar IPA siswa. Nilai rata-rata prestasi belajar siswa pada siklus I sebesar 59, pada siklus II nilai rata-rata prestasi belajar siswa meningkat menjadi 80,25. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diketahui bahwa penerapan melalui model pembelajaran Make-A Match dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar IPA siswa.