PROFESIONALISME GURU PAUD DALAM MENGEMBANGKAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN TK BERBASIS KURIKULUM 2013
Abstract
Artikel ini ditulis berdasarkan hasil penelitian yang bertujuan untuk menjelaskan tentang guru profesional dan mencari informasi tentang upaya-upaya guru Pendidikan Anak Usia Dini dalam pengembangan profesionalisme guru dam mengembangkan kurikulum tingkat satuan pendidikan TK berbasis kurikulum 2013 dengan menggunakan suatu pendekatan kualitatif. Penelitian ini meliputi kepala sekolah, guru dan staf Departemen Pendidikan. Data dikumpulkan melalui observasi, pembelajaran dokument, wawancara mendalam dan mengadakan kelompok diskusi kemudian dianalisis dengan cara reduksi, klasifikasi, dan verifikasi. Penelitian ini mencari tahu bahwa seorang guru yang peofesional mampu untuk mengembangkan kurikulum tingkat satuan pendidikan TK yang berbasis kurikulum 2013 serta memainkan peranan penting dalam segala kegiatan. Dari penelitian ini penulis dapat menarik kesimpulan bahwa dalam pengembangan profesionalisme guru PAUD tidak terlepas dari ikut campur tangan pengawas selain dari peran kepala sekolah. Dengan berkembangnya profesional guru PAUD maka meningkat pula kemampuan guru dalam mengembangkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan TK yang Berbasis Kurikulum 2013.