PENERAPAN MODEL PEMBELJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA 9 SUB TEMA 1 KEKAYAAN SUMBER ENERGI INDONESIA KELAS 4 SD NEGERI PATEMON 01
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui fase atau langkah-langkah dari model Project Based Learning untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar, mengetahui kreativitas siswa, dan mengethaui hasil belajar siswa di kelas 4 SD Negeri Patemon 01, Salatiga. Penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek siswa kelas 4 SD Negeri Patemon 01 yang berjumlah 25 siswa dan dilakukan dalam 2 siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa teknik tes dan teknik non tes. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Penerapan dengan Project Based dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar pembelajaran Tematik Tema 9 Sub Tema 1 siswa kelas 4 SD Negeri Patemon 01. Hal ini terbukti dengan terjadinya peningkatan rata-rata kreativitas belajar siswa dari kondisi awal (pra siklus) sebesar 11,60 dengan kategori tidak kreatif , setelah dilakukan penelitian pada siklus I menjadi 15,24 dengan kategori cukup kreatif , begitu juga pada siklus II skor rata-rata kreativitas siswa meningkat menjadi 16,80 dengan kategori kreatif. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dengan rata-rata pada kondisi awal (pra siklus) sebesar 59,16 dengan jumlah 8 siswa tuntas dengan persentase 32 dan 17 siswa tidak tuntas dengan persentase 68. Pada siklus I mengalami peningkatan dengan skor rata-rata sebesar 73,56 dengan jumlah 17 siswa tuntas dengan presentase 68 dan 8 siswa tidak tuntas dengan persentase 32. Pada siklus II juga mengalami peningkatan dengan skor rata-rata 82,84 dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 24 dengan persentase 96 dan 1 siswa yang tidak tuntas dengan persentase 4.