PENERAPAN MODEL TTW (THINK,TALK,WRITE) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN BERFIKIR KRITIS SISWA KELAS IV SD

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keberhasilan penerapan model TTW (Think,Talk,Write) dalam meningkatkan hasil belajar dan berfikir kritis. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek siswa kelas 4 SD Negeri Tingkir Tengah 01 Salatiga yang berjumlah 33 siswa dan dilakukan dalam 2 siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa teknik tes dan teknik non tes. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Dari hasil implementasi model terjadi peningkatan rata-rata berfikir kritis siswa dari kondisi awal (pra siklus) sebesar 60,6 meningkat pada siklus I menjadi 69 dan meningkat kembali pada siklus II menjadi  77,7 dengan kategori berfikir kritis tinggi. Sedangkan hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dengan rata-rata pada kondisi awal (pra siklus) sebesar 65,5,terjadi peningkatan pada siklus I dengan skor 69,dan kembali meningkat pada siklus II dengan skor 77,7.sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran TTW(Think,Talk,Write) dapat meningkatkan hasil belajar dan berpikir kritis siswa kelas IV SD.