PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan karena didasari oleh adanya masalah pada saat proses pembelajaran sehingga membuat siswa tidak tertarik untuk belajar. Metode penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdapat dua kali pertemuan. Subjek pada penelitian ini merupakan siswa kelas II A SD Negeri 194 Pekanbaru yang berjumlah 31 orang dengan objek penelitiannya adalah motivasi belajar siswa. Pada tahap pratindakan yang mana proses pembelajaran belum menggunakan media audio visual, terlihat dari motivasi belajar siswa yang masih tergolong rendah dengan persentase yang diperoleh 45%. Masuk pada siklus I yang mana proses pembelajaran sudah menggunakan media audio visual, perubahan terlihat sangat drastis ke arah yang lebih baik dengan memperoleh persentase 75% yang termasuk dalam kategori tinggi. Dilanjutkan pada siklus II grafik motivasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus sebelumnya yaitu dengan perolehan persentase sebesar 87,75% yang dikategorikan sangat tinggi. Dengan demikian, pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan media audio visual dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas II A SD Negeri 194 Pekanbaru.