Pelaksanaan Pengembangan Karakter Peduli Lingkungan Bagi Anak dalam Konteks Alam Takambang Jadi Guru

Abstract

Pengembangan karakter peduli lingkungan sangat penting dikenalkan sejak usia dini, karena jika sejak usia dini sudah ditanamkan rasa peduli lingkungan, maka sampai dewasa anak akan peduli pada lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang pelaksanaan pengembangan karakter peduli lingkungan bagi anak dalam konteks alam takambang jadi guru di TK Alam Minangkabau Padang. Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Sumber informasi dari penelitian ini yaitu kepala sekolah dan guru TK Alam Minangkabau Padang. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data pada penelitian ini adalah triangulasi. Hasil penelitian yaitu pelaksanaan pengembangan karakter peduli lingkungan dilaksanakan melalui kegiatan pembelajaran. Guru membuat perencanaan tentang kegiatan yang akan dilaksanakan dalam mengembangkan karakter peduli lingkungan dalam bentuk lesson plan berupa yearly plan, semester plan, wekkly plan dan dayly plan . Guru juga melakukan evaluasi pada kegiatan peduli lingkungan melalui pengamatan, dokumentasi, rapor portofolio dan rapor narasi