PERAN PENDIDIKAN NON FORMAL BERBASIS SOSIAL EKONOMI DALAM ORGANISASI SOSIAL PREMAN SUPER DI MALANG RAYA

Abstract

Penelitian dengan metode kualitatif deskriptif ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran pendidikan non formal berbasis sosial ekonomi dalam organisasi Preman Super di wilayah Malang Raya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Preman Super sudah menerapkan nilai-nilai pendidikan dengan membagi dua macam jenis, yaitu pendidikan internal dan eksternal, yang dimaksud dengan pendidikan internal adalah para anggota perempuan diberikan pelatihan, dibekali ilmu pengetahuan dan juga diberikan kebebasan untuk mengasah keterampilan sesuai dengan potensi yang dimilikinya. Pendidikan internal yang lain adalah program trainer of trainer atau istilahnya adalah anggota yang sudah mahir/berpengalaman bisa memberikan pelatihan kepada anggota baru, hal itu sesuai dengan konsep dan proses pemberdayaan. Pendidikan eksternal yakni beberapa anggotanya yang sudah memiliki pengalaman atau memiliki keahlian tertentu akan diikutsertakan dalam pelatihan-pelatihan yang diadakan oleh dinas terkait yang telah menjadi mitra kerja dari Preman Super. Dalam pelatihan itu para anggota diberikan kesempatan untuk mengembangkan bakat sesuai bidangnya, sebagai misal, para anggota yang hobi pada bidang memasak, maka mereka akan diikutsertakan pada pelatihan memasak dari dinas terkait dan dilakukan setiap bulan sekali. Pendidikan non formal yang dilakukan oleh organisasi sosial Preman Super terbukti efektif dalam meningkatkan pemberdayaan perempuan di wilayah malang raya   Kata kunci: pendidikan non formal, sosial ekonomi, organisasi sosial, preman super, malang raya