Metode Pengajaran di Pesantren dan Perkembangannya

Abstract

Keberadaan  pesantren sebagai lembaga pendidikan peneguh tafaqquh fi al-din dewasa ini semakin tertantang untuk berbenah diri dalam setiap kegiatan yang dilakukan di pesantren Misalnya Dalam Praktek Metode Pengajaran. Salah satunya adalah metode pengajaran dari yang tradisional (sorogan, bandongan/wetonan) menuju ke metode yang modern seperti metode musyawarah, (bahtsul masa’il), metode pengajian pasaran, metode hafalan, (muhafadzah), metode demonstrasi/praktek ibadah, metode rihlah ilmiah,metode riyadhah dan lain-lain. Dari metode modern ini,  Diharapkan mengalami perkembangan lagi menuju titik kulminasi yaitu konvergensi  atau  titik temu antara yang tradisional dan yang modern dengan tidak meninnggalkan yang tradisional dan tidak mengabaikan yang modern. Sintesis Metode ini diharapkan dapat menepis sterotip-sterotip terhadap pesantren yang selama ini mengisi perbincangan aktual dalam masyarakat mengenai analogi baik dan buruk antara pendidikan pesantren dan pendidikan non pesantren.