Manajemen Konflik Di Lembaga Pendidikan Islam (Studi Kasus di Madrasah Aliyah Raudlatul Iman Ganding Sumenep)

Abstract

Lembaga pendidikan Islam seperti organisasi pada umumnya, memiliki struktur organisasi, dan yang namanya organisasi lembaga pendidikan pasti di dalamnya terdapat hubungan, interaksi, dan komunikasi antar sesama anggota organisasi pendidikan Islam tersebut. Hal ini jika dilihat dari manajemen konflik, ada kemungkinan bahkan pasti terjadi konflik, sebagai implikasi dari interaksi antar anggota di lembaga pendidikan Islam.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konflik di lembaga pendidikan Islam, MA Raudlatul Iman Ganding Sumenep, dengan menggunakan teori konflik interaksionis dan human relations. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konflik-konflik yang muncul di lembaga ini dikelola dengan baik dan proporsional, dengan kata lain konflik direspon oleh kepala sekolah dan stake holder yang lain sebagai sesuatu yang pasti, namun harus diakui dalam pengelolaannya belum mencapai maksimal.