Analisis SWOT dalam Lembaga Pendidikan (Studi Kasus di SMP Islam Yogyakarta)

Abstract

Analisi SWOT merupakan salah satu metode untuk menggambarkan kondisi dan mengevaluasi suatu masalah, proyek atau konsep bisnis yang berdasarkan faktor eksternal dan faktor internal yaitu strength, opportunities, weaknesesses, threats. Analisis SWOT adalah bagian dari tahap tahap perencanaan strategis suatu organisasi yang terdiri dari tiga tahap yaitu : tahap pengumpulan data, tahap analisis, dan tahap pengambilan keputusan. Dalam tahap pengumpulan data dapat dilakukan dengan menganalisis keadaan organisasi baik internal maupun eksternal. Selanjutnya adalah memanfaatkan semua informasi tersebut dalam model-model perumusan strategis sekolah. Salah satu model pemecahan masalah yang dapat digunakan adalah modelmatriks SWOT. Setelah dilakukan analisis SWOT di SMP Islam Yogyakrta dapat dikemukakan beberapa contoh langkah stategis sekolah untuk peningkatan mutu, antara lain : Mengembangkan sekolah berbasis pondok pesantren sesuai kebutuhan masyarakat yang menginginkan pembentukan karakter, Manfaatkan teknologi untuk pemasaran lembaga maupun dalam proses KBM, Perbanyak lulusan yang berkualitas dalam bidang agama dan akademik sehingga masyarakat percaya terhadap kualitas lembaga dan Mencari dana dari donatur maupun usaha lain untuk menunjang pembangungan sekolah. SWOT analysis is one method to describe conditions and evaluate a problem, project or business concept based on external factors and internal factors, namely strengths, opportunities, weaknesesses, threats. SWOT analysis is part of the strategic planning stage of an organization which consists of three stages: the data collection stage, the analysis phase, and the decision making stage. In the data collection stage, it can be done by analyzing the state of the organization both internal and external. Next is to use the all information in school strategic formulation models. One problem solving model that can be used is the SWOT matrix model. After acomplishing a SWOT analysis at Islamic Middle School Yogyakrta, several examples of school strategic steps to improve quality can be presented, including: Developing boarding school-based schools according to the needs of the community who want character building, utilizing technology for marketing institutions and in the process of teaching and learning, Increase the number of qualified graduates in religious and academic fields so that people believe in the quality of institutions and seek funding from donors and other businesses to support the development of schools.