Pengaruh Pelatihan Literasi Terhadap Kecemasan Berbicara Di Depan Umum

Abstract

The main objective of the research is to find out the effect of the literacy toward anxiousness at public speaking. This research is conducted at MTs. Darul Faizin, Kec. Sampang, kab. Sampang at VIII grades student with 40 students, 20 students are as control group and the other 20 students are as experiment group. The variable that used is literacy as a independent variable and the anxiety in public speaking as dependent variable, while the method of the reseach is experiment only group post-test desigm. The Technique of the experiment use parametric technique with anxiety trial test in public speaking. This research concluded there is the significant difference between controlled group and experiment group before given literacy treatment. The result of the analysis of the data reseach shows =-3,801 sig=0,000 that means (P<0,01) so the hypothesis is accepted and proven. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Literasi Terhadap Kecemasan Berbicara Di Depan Umum. Penelitian tersebut di laksanakan di MTs. Darul Faizin. Kec. Sampang, Kab.Sampang pada kelas VIII sebanyak 40 siswa. 20 siswa sebagai kelompok kontrol dan 20 siswa lainya sebagai kelompok eksperimen. Variabel yang di gunakan adalah litersi sebagai variabel bebas dan kecemasan berbicara di depan umum sebagai variabel terikat, sedangkan metode penelitiannya adalah eksperimen Randomized Two-groups Design, Posttest Only. Hasil analisis menggunakan Mann Whitney U. Penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok kontrol dengan kelompok eksperimen sebelum di berikan perlakuan literasi. Hasil analisis Mann Whitney U. Menunjukan skor Z = -3,801 dengan sig=0,000 yang berarti (p<0,01) sehingga hipotesis di terima atau terbukti