Hubungan antara Efikasi diri dan Dukungan Sosial dengan Stres Akademik pada Siswa

Abstract

Researchforstudiesbothsimultaneousorpartialcorelationofselfefficacy and socialsupportwithacademicstres.Thisstudy usedquantitativemethods,withdata collectionthrougha questionnaire thattake 100studententrantsawayinthe State High School1Pamekasanpurposively.ResultsofregressionsanalysisshowedthevalueofF= 28,453andp=0,000(p<0,05).Meansselfefficacy andsocialsupportwithsupportwith academic streshas a highly  significant correlation. The resultsof partial correlation betweentestselfefficacywithacademicstresstogetthevaluet=-0,145andp=0,000(p <0,05),whichmeans thatbetweenselfefficacy withacademicstresshasasignificant negative correlation.The resultsofcorrelationbetweensocialsupporttostressobtained valuet=-0,561withp=0,081(p>0,05),meaning thatthesocialsupportwithacademic stress has asignificant negativecorrelation. Penelitianini mengkajihubungansimultandanparsialefikasidiridandukungan sosialdenganstresakademik.Penelitianinimenggunakanmetode kuantitatif,dengan pengumpulandatamelaluiangketyang 100siswaurbandiSMANegeri1Pamekasan secarapurposive.HasilanalisisujiregresimenunjukkannilaiF=28,453danp=0,000(p < 0,05).Berartiefikasidiridandukungansosialdenganstresakademikmemilikikorelasi yang sangatsignifikan.Hasilujikorelasiparsialantaraefikasidiridandukungansosial denganstresakademikmemperolehnilait=-0,145dandanp=0,000(p<0,05),yang berartibahwa antara efikasidiridenganstres akademikmemilikikorelasinegatifyang sangatsignifikan.Hasilujikorelasiantaradukungansosialdenganstresdiperolehnilait= -0,561denganp=0,081(p>0,05),yangartinya antara dukungansosialdenganstres akademik memiliki korelasi negatifyangsangat signifikan.