Worksheet Persamaan Differensial untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Mahasiswa

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa worksheet Persamaan Differensial (PD) untuk kemandirian belajar mahasiswa. Worksheet yang dikembangkan terdiri dari beberapa subbab yakni (1) PD variable terpisah, (2) PD homogen, (3) PD eksak, dan (4) PD linier. Pengembangan produk ini menggunakan metode desain pengembangan 4-D yang dilakukan melalui 4 tahap yakni Define, Design, Develop, dan Diseminate. Subjek penelitan adalah mahasiswa dengan jumlah responden 7 mahasiswa untuk uji terbatas dan 40 mahasiswa untuk uji coba lapangan. Hasil pengembangkan yang diperoleh, nilai rata-rata persentase dari penilaian ahli adalah 75.33% yang berarti valid dan hasil uji coba terbatas diperoleh rata-rata persentase mahasiswa memberikan respon 84,29% yang berarti sangat baik serta uji coba lapangan diperoleh rata-rata persentase mahasiswa pada kelompok uji coba 1  maupun uji coba 2 memberikan respon 95.4% dan 92.9% yang berarti produk yang sedang dikembangkan berkategori sangat baik dan telah efektif, sedangkan tingkat kemandirian belajar mahasisiwa yang diperoleh dalam menggunakan worksheet persamaan difernsial adalah sedang. Sehingga ini menunjukkan bahwa worksheet yang dikembangkan dapat memberikan dampak yang positif terhadap kemandiran belajar mahasiswa. Abstract:  This research aims to develop the learning materials in the form of differential equation (PD) Worksheets for students ' independence. The worksheets are developed consisting of several subchapters, namely (1) PD variable separate, (2) PD homogeneous, (3) PD Exact, and (4) PD linear. The development of this product using 4-D development design method is done through 4 stages, namely Define, Design, Develop, and Disseminate. The research subject is a student with a total of 7 respondents for a limited test and 40 Students for field trials. The results of the development acquired, the average percentage value of the expert rating is 75.33% which means that valid and limited trial results are obtained average percentage of students give a response of 84.29% which means excellent and field trials The average percentage of students in the 1st and 2nd trial groups gave a response of 95.4% and 92.9% which means that the product under development was very good and effective, while the level of self-reliance learned the Obtained in the use of a worksheet is currently being. So this indicates that the developed worksheet can provide a positive impact on student learning.