Kilir Lidah Gangguan Bahasa Anak

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan metode survei. Adapun teknik pengumpulan data adalah berupa teknik simak dan teknik catat. Data dalam penelitian ini ialah berupa bahasa lisan yang digunakan oleh siswa Kelas I SD (Sekolah Dasar) Negeri 89 Kota Bengkulu yang berbentuk kesalahan berbahasa (kilir lidah asembling). Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu transkripsi, identifikasi, klasifikasi, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyebab kekeliruan kilir lidah (tongue slips) asembling yang dialami oleh anak adalah dikarenakan belum sempurna atau terdapatnya kerusakan pada alat-alat bicara yang dimiliki siswa Kelas I SD (Sekolah Dasar) Negeri 89 Kota Bengkulu, dalam pikiran siswa Kelas I SD (Sekolah Dasar) Negeri 89 Kota Bengkulu belum memiliki gambaran tentang kosa kata yang baik, dan adanya pengaruh bahasa daerah terhadap penguasaan bahasa Indonesia.