PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN MATEMATIKA (Studi Kasus pada Prodi TMM STAIN Padangsidimpuan)

Abstract

Matematika dipelajari mulai dari pendidikan dasar sampai ke Perguruan Tinggi. Di Perguruan Tinggi ilmu matematika dikaji lebih mendalam. Hasil observasi di Prodi Tadris Matematika menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar mahasiswa belum maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mahasiswa melalui pemanfaatan Tutor Sebaya. Hipotesis penelitian ini adalah pemanfaatan Tutor Sebaya dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mahasiswa. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Action Research), yang dilakukan terhadap 33 orang mhs lokal 2 Prodi TMM STAIN Padangsidimpuan. Data dikumpulkan melalui lembar observasi dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar mahasiswa pada akhir penelitian mencapai 80,10 dan persentase aktivitas belajar positip mahasiswa  menunjukkan peningkatan.