PERAN GURU PAUD DALAM MENSTIMULASI PERKEMANGAN BAHASA ANAK PADA KELOMPOK B USIA 5-6 TAHUN DI TK DARMA WANITA KAB.SELUMA

Abstract

Berdasarkan observasi awal yang penulis lakukan, permasalahan yang ditemukan dilapangan adalah Bagaimana peran guru paud dalam menstimulasi perkembangan bahasa anak  pada kelompok B di Tk Darma Wanita Kabupaten seluma. Jenis penelitian ini adalah Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, data dalam penelitian tidak diperoleh melalui prosedur statistik atau bentuk hitung lainnya. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian. Berdasarkan hasil penelitian  peran guru paud dalam menstimulasi perkembangan bahasa anak  pada kelompok B usia 5-6 tahun di Tk Darma Wanita Kabupaten seluma, guru sudah melakukan stimulasi kepada anak  namun perlu ditingkatkan dengan mengunakan berbagai media yang lebih menarik serta mengunakan metode yang berbeda agar perkembangan bahasa  pada anak semakin meningkat dan anak dapat mengunakan bahasa  dalam berkomunikasi, peran guru paud dalam menstimulasi perkembangan bahasa anak  pada kelompok B usia 5-6 tahun di Tk Darma Wanita Kabupaten Seluma dengan memberikan contoh mengajarkan  stimulasi perkembangan bahasa anak didik agar perkembangan bahasa semakin meningkat dan aspek perkembangan bahasa dapat berkembangan sesuai dengan tahap usia anak. Kata kunci: Peran Guru, Menstimulasi Perkembangan Bahasa Anak