Penerapan Model Pembinaan Keagamaan Melalui Bimbingan Pribadi Sosial Dalam Mengembangkan Pendidikan Karakter Siswa

Abstract

Perilaku menyimpang dikalangan remaja sering terihat di berbagai media maupun lingkungan sekitarnya. Fenomena tersebut dapat ditarik keterkaitannya dengan kesadaran beragama. Hal tersebut berdasarkan temuan kasus, remaja yang bermasalah sering meninggalkan ibadah. Padahal kesadaran beragama merupakan salah satu tugas perkembangan remaja yang harus dioptimalkan. Salah satunya dapat dioptimalkan melalui program bimbingan pribadi sosial. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan program bimbingan, pelaksanaan program bimbingan, evaluasi program bimbingan yang dihubungkan dalam konteks program bimbingan pribadi sosial dalam mengembangkan kesadaran beragama siswa. Sehingga dapat dijadikan acuan dalam merumuskan sebuah konsepsi program bimbingan pribadi sosial dalam mengembangkan kesadaran beragama siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan dengan menempuh langkah-langkah: menentukan lokasi penelitian, menentukan metode penelitian, menentukan populasi dan sampel, menentukan jenis dan sumber data, mengumpulkan teknik pengumpulan data, dan akhirnya mengolah dan menganalisis data. Hasil penelitian diperoleh, bahwa perencanaan program bimbingan telah melalui serangkaian tahapan yang sesuai dengan teori, meskipun masih terdapat tahapan perencanaan yang masih memerlukan pengembangan. Pada pelaksanaan bimbingan terdapat berbagai kegiatan dalam upaya mengembangkan kesadaran beragama seperti bimbingan kelas, konseling individu dan kegiatan pendukung lainnya. Sehingga sebagai upaya tindak lanjut dirumuskan pada konsepsi program bimbingan pribadi sosial dalam mengembangkan kesadaran beragama siswa. Berdasarkan temuan ini, dapat disimpulkan bahwa program bimbingan pribadi sosial diperlukan dalam mengembangkan kesadaran beragama siswa.