PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFAE) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP ALJABAR LINIER MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BENGKULU
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis dengan penerapan model pembelajaran Student FacilitatorAnd Explaining. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian mahasiswa S1 Sistem Informasi Universitas Muhammadiyah Bengkulu dengan jumlah 27orang mahasiswa. Penelitian ini berlangsung dua siklus melalui model pembelajaran Student FacilitatorAnd Explaining dengan fase sebagai berikut (1) menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai; (2) mendemonstrasika materi; (3) memberi kesempatan mahasiswa untuk menjelaskan ke mahasiswa lainnya; (4) menyimpulkan pendapat dari mahasiswa; (5) menerangkan kembali semua materi yang disajikan. Berdasarkan penelitian ini diperolekan kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran Student FacilitatorAnd Explaining dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis mahasiswa dengan hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematik siswa memperoleh peningkatan nilai rata-rata dari siklus I sebesar 57,59 ke siklus II sebesar 77,22 dan persentase kemampuan pemahaman matematis mahasiswa meningkat dari siklus I sebesar 59,25 % ke siklus II sebesar 85,18 % . Kata Kunci : Student Facilitator And Explaining (SFAE), Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis