Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Pendekatan Creative Problem Solving dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP

Abstract

Tujuan utama penelitian kuasi eksperimen ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang belajar melalui metode inkuiri terbimbing dengan pendekatan creative problem solving (ITCP) dan yang mendapatkan pembelajaran biasa. Penelitian ini menggunakan desain the nonequivalent group, dengan populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII salah satu sekolah menengah pertama negeri di kabupaten Kerinci. Sampel terdiri atas satu kelas sebagai kelompok eksperimen, yang belajar dengan ITCP dan satu kelas sebagai kelompok kontrol yang mendapatkan pembelajaran biasa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemahaman matematis. Data dianalisis dengan uji-t. Berdasarkan hasil analisis diperoleh kesimpulan bahwa: (1) peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang belajar dengan ITCP dalam kategori tinggi, dan siswa yang mendapatkan pembelajaran biasa dalam kategori sedang; (2) peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang belajar melalui pembelajaran ITCP lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran biasa. Kata kunci :Kemampuan pemahaman matematis, metode inkuiri terbimbing dengan pendekatan creative problem solving (ITCP), pembelajaran biasa.