PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS MAHASISWA S1 TADRIS MATEMATIKA IAIN BENGKULU

Abstract

Kemampuan pemahaman konsep matematis adalah salah satu tujuan penting dalam pembelajaran matematika Namun pada kenyataannya banyak mahasiswa yang kesulitan dalam memahami konsep matematika. Maka diperlukan beberapa perbaikan dalam pembelajaran matematika. Salah satunya dengan memberikan variasi dalam penggunaan model pembelajaran. Seperti penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Maka penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis mahasiswa Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Tadris IAIN Bengkulu semester 1 yang berjumlah 18 mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini berlangsung dua siklus melalui model pembelajaran Problem Based Learning dengan fase sebagai berikut (1) mengorientasikan siswa pada  masalah;  (2) mengorganisasikan siswa untuk belajar; (3)membantupenyelidikanmandiridankelompok;(4) mengembangkan dan menyajikan artefak (hasil karya); (5) analisis dan evaluasi proses pemecahan masalah. Berdasarkan penelitian ini diperoleh hasil tes kemampuan pemahaman konsep matematis mahasiswa memperoleh peningkatan nilai rata-rata siklus I sebesar 25,833 ke siklus II sebesar 68,611 dan persentase kemampuan pemahaman konsep matematis mahasiswa meningkat dari siklus I sebesar 16,67%ke siklus II sebesar 88,89 %. Sehingga dalam penelitian ini didapat kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis mahasiswa. Kata Kunci : Problem Based Learning (PBL), Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis