Implementasi Pembelajaran Matematika Model PACE Untuk Meningkatkan Kemampuan Pembuktian Matematis Pada Mata Kuliah Aljabar Abstrak Mahasiswa S1 Pendidikan Matematika FKIP Universitas Bengkulu

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pembuktian matematis mata kuliah aljabar abstrak mahasiswa S1 pendidikan matematika FKIP Universitas Bengkulu dengan penerapan pembelajaran matematika model pembelajaran PACE (Project, Activity, Cooperative and Exercise). Metodologi yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas. Adanya aktivitas yang baik pada saat pembelajaran, dimana mahasiswa memperhatikan guru menjelaska materi, bertanya , dan selanjutnya mengerjakan lembar kerja yang telah disediakan, berdiskusi, dan mempersentasikan hasil diskusi kelompoknya. Berdasarkan   hasil   penelitian   yang   dilakukan   oleh   praktikan   dengan menerapkan  model  pembelajaran  PACE  di  kelas,  maka dapat disimpulkan bahwa Penerapan  model  pembelajaran  PACE dapat meningkatkan kemampuan pembuktian  matematis mahasiswa FKIP Matematika Universitas Bengkulu  dengan  penerapan  model  pembelajaran PACE  hasil tes kemampuan pembuktian matematis mahasiswa memperoleh peningkatan nilai rata-rata kelas dari siklus I ke sklus II sebesar 8,69 % ke 78,26 % secara klasikal. Kata Kunci: Model Pembeljaran PACE, Pembuktian Matematis, Aljabar Abstrak