MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATEMATIS MELALUI PENDEKATAN OPEN ENDED PADA MATA KULIAH ALJABAR LINIER PADA MAHASISWA FAKULTAS TEKHNIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis dengan penerapan model pembelajaran Open Ended. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian mahasiswa prodi sistem informasi universitas muhammadiyah Bengkulu tahun ajaran 2015/2016 dengan jumlah 27 orang siswa. Penelitian ini berlangsung dua siklus melalui model pembelajaran open ended dengan fase sebagai  berikut  (1)  mengorientasikan  mahasiswa  pada  masalah;  (2)  mengorganisasikan  mahasiswa untuk belajar; (3) membantu penyelidikan mandiri dan kelompok; (4) mengembangkan dan menyajikan artefak (hasil karya); (5) analisis dan evaluasi proses . Berdasarkan penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran open ended dapat meningkatkan kemampuan pemahaman matematis mahasiswa dengan hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematik siswa memperoleh peningkatan nilai rata-rata dari siklus I sebesar 71,09375 ke siklus II sebesar 80,125 dan persentase kemampuan pemahaman matematis mahasiswa meningkat dari siklus I sebesar 71,875% ke siklus II sebesar 81,25% Kata Kunci : Kemampuan pemahaman matematis,open ended