Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Membaca Intensif melalui Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam rangka meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan merupakan sebuah konsep kegiatan pembelajaran yang membantu guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia pada materi membaca intensif yang diajarkan dengan berusaha memaksimalkan peran aktif siswa terutama pengetahuan yang dimilikinya dan bagaimana penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Dengan konsep itu, hasil pembelajaran diharapkan lebih bermakna bagi siswa. Proses pembelajaran berlangsung alamiah dalam bentuk kegiatan siswa bekerja dan mengalami, bukan mentransfer pengetahuan dari guru ke siswa. Kualitas pembelajaran pembelajaran lebih dipentingkan daripada hasil. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilakukan dengan tujuan adalah untuk mengetahui peningkatan prestasi hasil belajar Bahasa Indonesia materi membaca intensif melalui penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition  pada  siswa  kelas  III  SDN  2  Aikmel  Kecamatan  Aikmel  tahun  pelajaraan  2016/2017. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilakukan dalam tahapan 2 siklus, dan dari hasil tindakan yang sudah dilakukan terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa baik dari segi ketuntasan belajar siswa secara klasikal  yaitu pada siklus I sebesar 75%, dapat meningkat menjadi 96,9% pada siklus II maupun dari segi nilai rata-rata hasil evaluasi yakni pada siklus I sebesar 72,2 menjadi 80,5 pada siklus II, ini berarti ada peningkatan sebesar 21,9%. Dari hasil penelitian tindakan kelas ini juga menunjukkan adanya peningkatan tingkat aktivitas belajar siswa dari 2,6 kategori Cukup Aktif pada siklus I menjadi 4,4 kategori Aktif, berarti ada peningkatan sebesar 1,8.