Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Membaca dan Menulis melalui Model Pembelajaran Examples Non Examples

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan dengan menerapkan Model Pembelajaran Exsamples Non Exsamples dalam rangka meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan merupakan sebuah konsep kegiatan pembelajaran yang membantu guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia pada materi Membaca dan Menulis yang diajarkan dengan berusaha memakasimalkan peran aktif siswa terutama pengetahuan yang dimilikinya dan bagaimana penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Dengan konsep itu, hasil pembelajaran diharapkan lebih bermakna bagi siswa. Proses pembelajaran berlangsung alamiah dalam bentuk kegiatan siswa bekerja dan mengalami, bukan mentransfer pengetahuan dari guru ke siswa. Kualitas pembelajaran pembelajaran lebih dipentingkan dari pada hasil. Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) ini dilakukan dengan tujuan adalah untuk mengetahui Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Membaca dan Menulis Melalui Model Pembelajaran Exsamples Non Exsamples pada Siswa Kelas I.A SDN 2 Aikmel Kecamatan Aikmel Tahun Pelajara 2016/2017. Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) ini dilakukan dalam tahapan 2 siklus, dan dari hasil tindakan yang sudah dilakukan terbukti dapat meningkatkan hasil/prestasi belajar siswa baik dari segi ketuntasan belajar siswa secara klasikal  yaitu pada siklus I sebesar 70 %, dapat meningkat menjadi 93 % pada siklus II maupun dari segi nilai rata-rata hasil evaluasi yakni pada siklus I sebesar 70 menjadi 80 pada siklus II, ini berarti ada peningkatan sebesar 10 %. Dari hasil penelitian tindakan kelas ini juga menunjukkan adanya peningkatan tingkat aktivitas belajar siswa dari 32 kategori Cukup Aktif pada siklus I menjadi 4,3 kategori Aktif, berarti ada peningkatan.