Penerapan Metode Gradasi dan Pengulangan Dapat Meningkatkan Prestasi Belajar PAI Materi Asmaul Husna

Abstract

Metode gradasi dan pengulangan merupakan sebuah konsep kegiatan pembelajaran yang membantu guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada materi Asmaul Husna yang diajarkan dengan berusaha memakasimalkan peran aktif siswa terutama pengetahuan yang dimilikinya dan bagaimana penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Dengan konsep itu, hasil pembelajaran diharapkan lebih bermakna bagi siswa. Proses pembelajaran berlangsung alamiah dalam bentuk kegiatan siswa bekerja dan mengalami, bukan mentransfer pengetahuan dari guru ke siswa. Kualitas pembelajaran pembelajaran lebih dipentingkan daripada hasil. Tujuan dari penelitian tindakan kelas ( PTK ) ini adalah untuk mengetahui problema pembelajaran pendidikan agama Islam pada siswa kelas II SDN 2 Lenek kecamatan Aikmel tahun pelajaran 2016/2017, ingin mengetahui apakah penggunaan metode gradasi dan pengulangan dapat meningkatkan prestasi belajar pendidikan agama Islam pada siswa kelas II SDN 2 Lenek kecamatan Aikmel tahun pelajaran 2016/2017. Dalam penelitian tindakan kelas ( PTK ) ini dilakukan dalam 2 siklus, dari hasil tindakan yang dilakukan terbukti dapat meningkatkan ketuntasan belajar siswa secara klasikal  yaitu pada siklus I sebesar 83 %, dapat meningkat menjadi 100 % pada siklus II. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan metode gradasi dan pengulangan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan ketuntasan belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dengan ketuntasan mencapai 100%.