Meningkatan Prestasi Belajar Matematika dengan Menggunakan Media Konkret pada Siswa Kelas IIIB SDN 1 Lenek

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan menggunakan Media Konkret dalam rangka meningkatkan kualitas proses pembelajaran  dan merupakan sebuah konsep ke giatan pembelajaran yang dapat  membantu guru dalam melaksanakan  kegiatan pembelajaran matematika materi pecahan sederhana yang diajarkan dengan berusaha memaksimalkan peran aktif siswa terutama pengetahuan yang dimilikinya dan bagaimana penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Dengan konsep itu, hasil pembelajaran diharapkan lebih bermakna bagi siswa. Proses pembelajaran berlangsung alamiah dalam bentuk kegiatan siswa bekerja dan mengalami, bukan mentransfer pengetahuan dari guru ke siswa. Kualitas pembelajaran lebih dipentingkan dari pada hasil. Tujuan  penelitian tindakan kelas (PTK) ini adalah ingin mengetahui bagaimanakah peningkatan prestasi belajar matematika materi pecahan sederhana dengan menggunakan  media konkret pada siswa kelas III B SDN 1 Lenek Kecamatan Lenek tahun pelajaran 2018/2019. Dalam penelitian tindakan kelas  (PTK) ini  dilakukan  dalam 2 siklus, dari hasil tindakan yang dilakukan terbukti dapat meningkatkan ketuntasan belajar siswa secara klasikal yaitu pada siklus I sebesar 65% , dapat meningkat menjadi 100% pada siklus II. Jadi peningkatan yang dialami oleh siswa kelas III SDN 1 Lenek setelah penelitian dilakukan adalah sebesar 35%. Dari  hasil penelitian tindakan kelas ini juga menunjukkan adanya peningkatan tingkat aktivitas belajar siswa dengan rata-rata 2,9  kategori cukup aktif pad siklus I menjadi rata-rata 4,2 dengan kategori aktif pada siklus II, sedangkan aktivitas guru dari 2,8 kategori baik menjadi 3,5 kategori sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media konkret dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, tingkat aktivitas siswa, dan aktivitas guru.