Peningkatan Kemampuan Menentukan Gagasan Utama melalui Metode Analisis Sintesis pada Siswa Kelas VIII-D SMP Negeri 3 Sikur

Abstract

Penelitian ini difokuskan pada upaya memperbaiki kelemahan kemampuan siswa dalam menentukan gagasan utama khususnya penggunaan metode dan strategi pembelajaran yang selama ini dilakukan. Pembelajaran yang sering dilakukan guru di kelas masih bersifat teoritis. Kurangnya inovasi dan kreativitas guru dalam mengajar menyebabkan kegiatan pembelajaran di kelas menjadi monoton, kaku, dan membosankan. Salah satu metode pembelajaran yang dianggap mampu mengarahkan siswa pada situasi pembelajaran yang dapat membentuk perilaku sesuai dengan tujuan pembelajaran menentukan gagasan utama pada siswa kelas VIII-D SMP Negeri 3 Sikur semester 1 yaitu metode analisis sintesis. Dalam pembelajaran dengan metode analisis sintesis ini siswa diarahkan untuk mengambil langkah-langkah yang tepat dengan membentuk pengalamannya sendiri. Berdasarkan hasil penelitian yang telah kami lakukan dengan menggunakan metode analisis sintesis ini keaktifan siswa dapat meningkat. Ketekunan siswa dalam belajar dapat lebih meningkat. Siswa sudah mulai berani melakukan persentasi walaupun masih belum banyak siswa yang mau menanggapi pekerjaan temannya. Dengan latihan menganalisis paragraf wacana dan mensintesiskan kembali siswa dapat meningkatkan kemampuannya dalam menentukan gagasan utamanya dan sekali gus dapat memotivasi siswa dalam belajarnya. Berdasarkan data hasil angket yang diperoleh, kemajuan siswa dalam belajar tampak maju pesat. Dengan memberikan metode pembelajaran yang langsung membentuk pengalaman siswa, siswa tampak melakukannya dengan giat. Siswa dapat merasakan kebermaknaan pembelajaran yang dilakukan. Siswa dapat merasakan kegiatan pembelajarannya sangat bermanfaat dalam menghadapi perkembangan informasi dan ilmu pengetahuan.