Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Materi Berbagai Benda Langit dan Peristiwa Alam melalui Penggunaan Media Gambar

Abstract

Media gambar merupakan sebuah konsep kegiatan pembelajarn yang membantu guru dalam melaksanakan kegiatan Pembelajaran IPA pada materi berbagai benda langit dan peristiwa alam yang diajarkan dengan berusaha memaksimalkan peran aktif siswa terutama pengetahuan yang dimilikinya dan bagaimana penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Dengan konsep itu, hasil pembelajaran diharapkan lebih bermakna bagi siswa. Proses pembelajaran berlangsung alamiah dalam bentuk kegiatan siswa bekerja dan mengalami, bukan mentransfer pengetahuan dari guru ke siswa. Kualitas pembelajaran  lebih dipentingkan daripada hasil. Tujuan dari Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) ini  adalah untuk mengetahui bagaimakah cara meningkatkan prestasi Belajar IPA Materi materi berbagai benda langit dan peristiwa alam  Melalui penggunaan media gambar Pada Siswa Kelas I SDN 2 Lenek Daya Kecamatan Aikmel Tahun Pelajaran 2016/2017. Dalam Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) ini dilakukan dalam 2 siklus, dari hasil tindakan yang dilakukan terbukti dapat meningkatkan ketuntasan belajar siswa secara klasikal  yaitu pada siklus I sebesar 73,5 %, dapat meningkat menjadi 91 % pada siklus II. Hasil penelitian tindakan kelas ini  menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan media gambar dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan ketuntasan   belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan ketuntasan mencapai 91 %.