Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak melalui Kegiatan Beronce Bentuk dan Warna pada Kelompok A TK PGRI 30 Pringga Sela

Abstract

Subyek penelitian adalah anak kelompok A TK PGRI 30 Pringgasela kecamatan Pringgasela  kabupaten Lombok Timur tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 17 anak dan terdiri atas 10 anak laki-laki dan 7 anak perempuan dengan usia rata-rata 4-5 tahun. Adapun yang menjadi indikator keberhasilan penelitian tindakan kelas ini adalah pencapaian prestasi anak dengan ketentuan sebagai berikut: Keberhasilan penelitian ini dilihat dari prestasi belajar mencapai ketuntasan klasikal yaitu jika   85% anak  mendapat skor minimal bintang 3. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diatas, dapat di simpulkan bahwa Penerapan VARIABEL BEBAS dapat meningkatkan aktivitas dan kemampuan motoric halus  Melalui Kegiatan meronce bentuk dan warna  pada anak kelompok A di  TK PGRI 30 Pringgasela. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari perolehan nilai skor aktivitas anak, aktivitas guru dan nilai rata-rata kelas serta tingkat ketuntasan secara klasikal pada tiap siklus mengalami peningkatan pada siklus I maupun siklus II.