Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bentuk dan Warna Benda melalui Kegiatan Bermain Gambar dan Simbol pada Kelompok A TK Dharma Wanita Pengadangan
Abstract
Subyek penelitian adalah anak kelompok A TK Dharma Wanita Pengadangan kecamatan Pringgasela kabupaten Lombok Timur tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 26 anak dan terdiri atas 13 anak laki-laki dan 13 anak perempuan dengan usia rata-rata 4-5 tahun. Refleksi dilakukan pada akhir siklus, pada tahap ini peneliti sebagai pengajar bersama guru yang bertindak sebagai observer mengkaji hasil yang diperoleh dari pemberian tindakan pada tiap siklus. Hal ini dilakukan dengan melihat data hasil evaluasi yang dicapai siswa pada siklus I, jika refleksi menunjukkan bahwa pada tindakan siklus I memperoleh hasil yang tidak optimal yaitu tidak tercapai ketuntasan belajar ≥ 85% dari anak memperoleh bintang 3 keatas, maka dilanjutkan siklus berikutnya. Hasil refleksi ini digunakan sebagai dasar untuk memperbaiki serta menyempurnakan perencanaan dan pelaksanaan tindakan pada siklus selanjutnya. Adapun yang menjadi indikator keberhasilan penelitian tindakan kelas ini adalah pencapaian prestasi anak dengan ketentuan sebagai berikut: Keberhasilan penelitian ini dilihat dari prestasi belajar mencapai ketuntasan klasikal yaitu jika 85% anak mendapat skor minimal bintang 3. Berdasarkan hasil penelitian, dapat di simpulkan bahwa Penerapan bermain gambar dan symbol dapat meningkatkan aktivitas dan kemampuan mengenal bentuk dan warna Melalui Kegiatan bermain gambar dan symbol pada anak kelompok A di TK Dharma Wanita Pengadagan. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari perolehan nilai skor aktivitas anak, aktivitas guru dan nilai rata-rata kelas serta tingkat ketuntasan secara klasikal pada tiap siklus mengalami peningkatan pada siklus I maupun siklus II.