Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada Siswa Kelas VI SDN 1 Kalijaga
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan dengan menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam rangka meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan merupakan sebuah konsep kegiatan pembelajaran yang membantu guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran Matematika pada materi operasi hitung bilangan bulat yang diajarkan dengan berusaha memakasimalkan peran aktif siswa terutama pengetahuan yang dimilikinya dan bagaimana penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Dengan konsep itu, hasil pembelajaran diharapkan lebih bermakna bagi siswa. Proses pembelajaran berlangsung alamiah dalam bentuk kegiatan siswa bekerja dan mengalami, bukan mentransfer pengetahuan dari guru ke siswa. Kualitas pembelajaran pembelajaran lebih dipentingkan daripada hasil. Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) ini dilakukan dengan tujuan adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika materi operasi bilangan bulat melalui penerapan model pembelajaran tipe Jigsaw pada siswa kelas 6 SDN. 1 Kalijaga semester I tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) ini dilakukan dalam tahapan 2 siklus, dan dari hasil tindakan yang sudah dilakukan terbukti dapat meningkatkan hasil/prestasi belajar siswa baik dari segi ketuntasan belajar siswa secara klasikal yaitu pada siklus I sebesar 33,3 %, dapat meningkat menjadi 79,7 % pada siklus II maupun dari segi nilai rata-rata hasil evaluasi yakni pada siklus I sebesar 33,3 menjadi 85,7 pada siklus II, ini berarti ada peningkatan sebesar 51,9 %. Dari hasil penelitian tindakan kelas ini juga menunjukkan adanya peningkatan tingkat aktivitas belajar siswa dari Berapa kategori Cukup Aktif pada siklus I menjadi Berapa kategori Aktif.