Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Peta melalui Penerapan Model Pembelajaran Example Non-Example

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan dengan menerapkan metode example non- example dalam rangka meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan merupakan sebuah konsep kegiatan pembelajaran yang membantu guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran matematika pada materi penjumlahan dan pengurangan yang diajarkan dengan berusaha memakasimalkan peran aktif siswa terutama pengetahuan yang dimilikinya dan bagaimana penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Dengan konsep itu, hasil pembelajaran diharapkan lebih bermakna bagi siswa. Proses pembelajaran berlangsung alamiah dalam bentuk kegiatan siswa bekerja dan mengalami, bukan mentransfer pengetahuan dari guru ke siswa. Kualitas pembelajaran pembelajaran lebih dipentingkan daripada hasil. Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) ini dilakukan dengan tujuan adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar ips materi peta melalui penerapan metode example non- example example non- example pada siswa kelas VI Sekolah Dasar Negeri 1 Aikmel Kecamatan Aikmel tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) ini dilakukan dalam tahapan 2 siklus, dan dari hasil tindakan yang sudah dilakukan terbukti dapat meningkatkan hasil/prestasi belajar siswa baik dari segi ketuntasan belajar siswa secara klasikal  yaitu pada siklus I sebesar 65 %, dapat meningkat menjadi 90 % pada siklus II maupun dari segi nilai rata-rata hasil evaluasi yakni pada siklus I sebesar 61,5 menjadi 67,14 pada siklus II, ini berarti ada peningkatan sebesar Berapa 25 %.  Dari hasil penelitian tindakan kelas ini juga menunjukkan adanya peningkatan tingkat aktivitas belajar siswa dari 3,4 kategori Cukup Aktif pada siklus I menjadi 4,5 kategori Sangat Aktif, berarti ada peningkatan sebesar 1,1