Melalui Kegiatan Bermain Kartu Angka Kita Tingkatkan Kemampuan Kognitif Anak pada Kelompok A TK Pertiwi Selong
Abstract
Bermain kartu angka merupakan sebuah konsep kegiatan pembelajaran yang membantu guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran linkup perkembangan kognitif pada materi bermain kartu angka dengan berusaha memakasimalkan peran aktif siswa terutama bagaimana siswa mampu melakukan gerakan praktik seperti yang sudah dijelaskan dan dicontohkan oleh guru. Dengan konsep itu, hasil pembelajaran diharapkan lebih bermakna bagi siswa. Proses pembelajaran praktik berlangsung dalam bentuk kegiatan praktik siswa tentang materi yang dibahas pada saat itu. Kualitas pembelajaran praktik lebih dipentingkan daripada hasil. Tujuan dari penelitian tindakan kelas ( PTK ) ini adalah ingin mengetahui peningkatan kemampuan kognitif anak melalui kegiatan bermain kartu angka pada kelompok A TK Asy-Asyifak Aik Anyar Kec.Sukamulia Tahun Pelajaran 2016-2017. Dalam penelitian tindakan kelas ( PTK ) ini dilakukan dalam 2 siklus, dari hasil tindakan yang dilakukan terbukti dapat meningkatkan ketuntasan belajar siswa secara klasikal yaitu pada siklus I sebesar 45 %, dapat meningkat menjadi 55 % pada siklus II. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan bermain kartu angka dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan ketuntasan belajar anak pada lingkup perkembangan kognitif dengan ketuntasan mencapai 100 %.