Peningkatan Hasil Belajar PKn Materi Kerjasama Negara-negara Asia Tenggara melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw di SDN 4 Lenek Lauk

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsawdalam rangka meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan merupakan sebuah konsep kegiatan pembelajaran yang membantu guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran PKn pada materi kerjasama negara-negara Asia Tenggara yang diajarkan dengan berusaha memaksimalkan peran aktif siswa terutama pengetahuan yang dimilikinya dan bagaimana penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Dengan konsep itu, hasil pembelajaran diharapkan lebih bermakna bagi siswa. Proses pembelajaran berlangsung alamiah dalam bentuk kegiatan siswa bekerja dan mengalami, bukan mentransfer pengetahuan dari guru ke siswa. Kualitas pembelajaran pembelajaran lebih dipentingkan daripada hasil. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilakukan dengan tujuan adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar PKn Materi Kerjasama Negara-Negara Asia Tenggara Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw  pada Siswa Kelas VI SDN 4 Lenek Lauk Kecamatan Aikmel Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilakukan dalam tahapan 2 siklus, dan dari hasil tindakan yang sudah dilakukan terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa baik dari segi ketuntasan belajar siswa secara klasikal  yaitu pada siklus I sebesar 74%, dapat meningkat menjadi 96,2% pada siklus II maupun dari segi nilai rata-rata hasil evaluasi yakni pada siklus I sebesar 72,2 menjadi 80,5 pada siklus II, ini berarti ada peningkatan sebesar 22,2%.  Dari hasil penelitian tindakan kelas ini juga menunjukkan adanya peningkatan tingkat aktivitas belajar siswa dari 2,6 kategori Cukup Aktif pada siklus I menjadi 4,4 kategori Aktif, berarti ada peningkatan sebesar 1,8.