Penerapan Model Pembelajaran Take and Give Dapat Meningkatkan Hasil Belajar PKn Materi Peran Indonesia dalam Era Globalisasi

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan dengan menerapkan ModeĀ  Pembelajaran Take And Give dalam rangka meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan merupakan sebuah konsep kegiatan pembelajaran yang membantu guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran PKn pada materi Peran Indonesia Dalam Era Globalisasi yang diajarkan dengan berusaha memakasimalkan peran aktif siswa terutama pengetahuan yang dimilikinya dan bagaimana penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Dengan konsep itu, hasil pembelajaran diharapkan lebih bermakna bagi siswa. Proses pembelajaran berlangsung alamiah dalam bentuk kegiatan siswa bekerja dan mengalami, bukan mentransfer pengetahuan dari guru ke siswa. Kualitas pembelajaran pembelajaran lebih dipentingkan daripada hasil. Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran take and give dapat meningkatkan hasil belajar PKn materi Peran Indonesia dalam Era Globalisasi pada siswa kelas VIB Sekolah Dasar Negeri 4 Aikmel Tahun Pelajaran 2016-2017.Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) ini dilakukan dalam tahapan 2 siklus, dan dari hasil tindakan yang sudah dilakukan terbukti dapat meningkatkan hasil/prestasi belajar siswa baik dari segi ketuntasan belajar siswa secara klasikalĀ  yaitu pada siklus I sebesar 72 %, dapat meningkat menjadi 100 % pada siklus II maupun dari segi nilai rata-rata hasil evaluasi yakni pada siklus I sebesar 71,20 menjadi 80,40 pada siklus II, ini berarti ada peningkatan sebesar 9,20 %. Dari hasil penelitian tindakan kelas ini juga menunjukkan adanya peningkatan tingkat aktivitas belajar siswa dari 2,7 kategori Cukup Aktif pada siklus I menjadi 3,1 kategori Aktif, berarti ada peningkatan sebesar 40%