Penggunaan Media Gambar Dapat Meningkatkan Kemampuan Menyusun Kalimat pada Pelajaran Bahasa Indonesia

Abstract

Media gambar merupakan prantara  atau penyalur  dalam mencapai tujuan pembelajaran dan dpat  membantu guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia pada materi yang di ajarkan untuk memperjelas penajian pesanagar tidak terlalu besipat verbalis dengan berusahamemaksimalkan peran aktif siswa  terutama pengetahuan yang di milikinya dan bagaimana penerapan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan menggunakan media itu dapat menumbuhkan motipasi belajar siswa karna pengajaran akan lebih jelas sehingga dapat di pahami, hasil pembelajarandi harapkan lebih bemakna bagi siswa proses pembelajaran berlangsung alamaiah dalam bentuk kegiatan siswa bekerja dan mengalami, bukan meneransfer tujuan dari penelitian tindakan kelas ( PTK ) ini adalah ingin mengetahwi apakah penggunaan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia materi menyusun kalimat pada siswa kelas 1 SD Negeri 3 Lenek  kecamatan aikmel tahun pelajaran 2016/2017 dalam penelitian tindakan kelas (PTK) ini di lakukan dalam 2 siklus, dari hasil tindakan yang dilakukan terbukti dapat meningkatkan ketuntasan belajar siswa secara klasikal yaitu pada siklus I sebesar 71,4 %, dapat meningkatkan menjadi 92,9% pada siklus II. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukan bahwa pembelajaran dengan menerapkan media gambar dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan ketuntasan belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan ketuntasan mencapai 92,9 %