Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi Anak melalui Permainan Kartu Kata Bergambar pada Kelompok B TK Pertiwi Sikur Kecamatan Sikur

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berkomunikasi anak melalui permainan kartu kata bergambar Subjek dalam penelitian ini adalah anak didik kelompok B TK Pertiwi Sikur   Tahun Pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 27 anak, yang terdiri atas 15 anak laki-laki dan 12 perempuan. Untuk mencapai tujuan yang telah direncanakan, diperlukan serangkai tindakan, yang dalam PTK dikenal dengan nama Siklus. Jumlah siklus ini bisa satu kali bisa pula dua atau tiga kali tergantung ketercapaian hasil belajar anak didik pada siklus tersebut. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diatas, dapat di simpulkan bahwa Penerapan permainan kartu kata bergambar  dapat meningkatkan aktivitas dan kemampuan Berkomunikasi Melalui Kegiatan permainan kartu kata bergambar  pada anak  kelompok B1 Semester II di TK Pertiwi Sikur . Peningkatan tersebut dapat dilihat dari perolehan nilai skor aktivitas anak, aktivitas guru dan nilai rata-rata kelas serta tingkat ketuntasan secara klasikal pada tiap siklus mengalami peningkatan pada siklus I maupun siklus II.