Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak melalui Kegiatan Meronce Bentuk dan Warna pada Kelompok B TK Dharma Wanita Tetebatu
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berkomunikasi anak melalui permainan kartu kata bergambar Subjek dalam penelitian ini adalah anak didik kelompok B TK Pertiwi Sikur Tahun Pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 27 anak, yang terdiri atas 15 anak laki-laki dan 12 perempuan. Untuk mencapai tujuan yang telah direncanakan, diperlukan serangkai tindakan, yang dalam PTK dikenal dengan nama Siklus. Jumlah siklus ini bisa satu kali bisa pula dua atau tiga kali tergantung ketercapaian hasil belajar anak didik pada siklus tersebut. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diatas, dapat di simpulkan bahwa Penerapan permainan kartu kata bergambar dapat meningkatkan aktivitas dan kemampuan Berkomunikasi Melalui Kegiatan permainan kartu kata bergambar pada anak kelompok B1 Semester II di TK Pertiwi Sikur . Peningkatan tersebut dapat dilihat dari perolehan nilai skor aktivitas anak, aktivitas guru dan nilai rata-rata kelas serta tingkat ketuntasan secara klasikal pada tiap siklus mengalami peningkatan pada siklus I maupun siklus II.